Sun Protection Factor

SPF adalah singkatan "Sun Protection Factor", ini merupakan sunblock yang mempunyai kemampuan untuk menahan sinar matahari (sinar UV) dengan tidak menyertakan berapa lama jangka waktu perlindungannya. Hal yang perlu digarisbawahi ialah SPF tidak membuat Anda terlindung dari UV A hanya melindungi Anda dari UV B. Anda harus merubah pemikiran karena sunblock yang memiliki kandungan SPF tidaklah cukup untuk membuat kulit Anda terlindungi dari sinar matahari. Karena itu SPF saja akan membuat kulit terancam karena masih ada bahaya sinar UV A.
 
Arti SPF
Tabir surya yang bertuliskan SPF 30 (Sun Protection Factor) bukan berarti akan melindungi Anda 2 kali lipat daripada penggunaan SPF 15. Begitu juga dengan tabir surya bertuliskan SPF 50 atau SPF 100. Faktanya adalah angka tersebut merupakan kemampuan tabir surya menyaring UVB. SPF 15 dapat menyaring 93% UVB, SPF 30 menyaring 97%, SPF 50menyaring 98%, dan SPF 100 hingga 99%. Selisih yang tidak sampai 2 kali lipat dari label SPF yang tertulis. Pilih penggunaan yang tepat adalah tergantung jenis kulit Anda. Jika kulit normal dapat menggunakan SPF 30 sedangkan klit sensitif dapat memilih tabir surya dengan kandungan SPF lebih tinggi.
 
SPF Tidak Menjamin Waktu Perlindungan
Jika Anda sering mendengar kabar kalau produk sunblock yang memiliki kandungan SPF yang tinggi akan melindungi dengan waktu yang lama, maka Anda harus kembali membaca arti SPF yang sudah kami jelaskan tadi. Sekali lagi SPF tinggi tidak membuat waktu perlindungan Anda menjadi lebih lama jika dibandingkan dengan SPF rendah..
 
Lalu kenapa banyak yang mendengungkan produk ber-SPF tinggi?
Ini dikarenakan produk sunblock mayoritas disebarkan untuk orang dari luar negeri yang memiliki kulit berwarna putih dan memiliki tempat tinggal beriklim dingin. Anda harus mengetahui bagaimana respon UV B terhadap kulit Anda yaitu terbakar atau sering disebut sunburn. Ini merupakan sesuatu yang menakutkan bagi orang yang memiliki kulit yang putih. Faktor inilah yang mendorong kebutuhan akan SPF tinggi.
Bagi orang yang bertempat tinggal di wilayah tropis misalnya di Indonesia kebutuhan akan produk sunblock dengan SPF tinggi tidaklah dibutuhkan. Bagi daerah tropis Anda hanya perlu produk sunblock dengan SPF 17 saja. Ini dikarenakan kulit yang tinggal di daerah tropis sudah mempunyai perlindungan dari melanin (zat pemberi warna di tubuh).
Orang yang tinggal di daerah tropis memiliki melanin yang solid dan besar yang tidak gampang rusak oleh karena sinar matahari. Karena itulah Anda tidak harus memakai produk sunblock dengan SPF yang tinggi. Hal yang harus Anda perhatikan dengan benar adalah apa produk sunblock yang Anda pakai sudah memberi protection / perlindungan secara baik pada UV A dan UV B? Untuk hal itu Anda harus memastikan ada kandungan PA+ di kemasan sunblock yang sedang Anda pakai.
 
Tags :sun protection, pengetahuan umum
Ditulis Oleh :CreatedBeauty
Share artikel ini Suka?

Notice: Undefined index: likedinfo in /home/u5681609/public_html/informations.php on line 165
: rafhael.reine@gmail.comKirimkan email mu kesini
: 0812 8746 2686 (WhatsApp)WhatsApp only
: fb.com/createdbeautyshopFollow kami di Facebook