Menggali lebih dalam SKINCARE KOREA

Booming skincare korea pada akhirnya membuat banyak orang bertanya-tanya dari sekian banyak brand korea mana yg terbaik? Beberapa costumerku juga sering kali tanya, "bagusan mana History of Whoo sama Sulwhasoo?" Atau pertanyaan semacam "bole gak skincare Whoo ditimpa BB creamnya Etude?" Dari pertanyaan-pertanyaan itu aku melihat ternyata pengetahuan costumer akan produk skincare korea masih minim.

Artikel ini aku tulis untuk memberi pengetahuan dan gambaran sebenarnya bagaimana sih brand-brand korea itu diproduksi, dipasarkan & bagaimana kualitas dari masing-masing brand terkenal seperti Etude, SkinFood, Innisfree, Faceshop, Ohui, Sulwhasoo, sampai History of Whoo menjajaki pasarnya masing-masing.

Saat mulanya skincare korea booming di indonesia, Etude House jadi sangat terkenal, mind set para pencinta skincare langsung berpendapat Etude House-lah brand skincare korea yg terbaik buktinya Etude sangat terkenal sampai ke Indonesia, benarkah itu?

Kalo dilihat secara general sekarang ini yang namanya produk kecantikan Korea lagi jadi primadona, mulai dari kosmetik sampai ke skincare. Karena produk-produk itu tdk hanya menutupi masalah kulit tapi juga merawat & menyembuhkan kulit, skincare-skinacare tersebut menjanjikan kulit tetap cantik dan terawat bahkan sampai nanti saat kita mulai tua dan akan muncul keriput, wanita mana sih yang gak mau muda dan cantik selamanya?

Memang gak banyak yang tahu tentang brand-brand di Korea sana termasuk juga aku pada awalnya cuma tahu brand-brand kecantikan Korea yang terkenal di Indonesia seperti Etude, Skinfood, Faceshop doank. Tapi ternyata setelah aku research sana-sini barulah terungkap kalau brand kecantikan di Korea itu banyak banget menarik buat digali lebih lanjut. Yang menariknya lagi terkadang apa yang terkenal di Indonesia malah tidak begitu terkenal di Korea dan sebaliknya. So, aku pingin share ini semua ke kalian yang ingin tau lebih dalam soal skincare korea,  mungkin bisa menjadi referensi untuk memilih produk kecantikkan  Korea apa aja yg bagus & sesuai buat kulitmu. Tapi tetep seperti yang selama ini kita pahami bersama, produk mahal atau murah tidak menjamin cocok tidaknya ke kulit kita & skincare itu cocok-cocokan pada setiap orang, jadi lebih baik pelajari dulu produknya & dicoba sendiri samplenya yah ^^. 

The Company

Sebelum ngebahas brand, aku mau cerita singkat dulu tentang perusahaan yg memproduksi brand-brand kecantikan seperti Etude, History of Whoo, dll. Pada mulanya di Korea sendiri ada sebuah perusahaan raksasa yang bernama Amore Pacific. Amore Pacific ini awalnya adalah sebuah perusahaan kosmetik keluarga yang berkembang makin besar menjadi salah satu industri kosmetik tersebar di Korea. Amore Pacific punya website international berbahasa inggris sehingga customer yang tertarik dengan kosmetik Korea tapi tidak mengerti bahasa Korea juga jadi gampang untuk mengerti dan mengakses brand-brand keluaran dari perusahaan Amore Pacific ini

Amore Pacific sendiri gak bisa dipisahin sama salah satu brand terpopuler di Indonesia yaitu Etude House karena Etude adalah salah satu sub brand dari perusahaan Amore Pacific ini.

Biar gak bingung aku klasifikasikan dulu anak perusahaan dari Amore Pacific berdasarkan harga dan kualitasnya produknya :

# Kelas paling atas: Sulwhasoo, HERA

# Kelas menengah: Laneige, IOPE, Haneul, Primera 

# Kelas bawah : Mamonde, Happy Bath, INNISFREE,  ÉTUDE House. 

Nah udah jelaskan kalo Etude itu adiknya Sulwhasoo, dan mereka sama-sama satu perusahaan di Amore Pacific.

Brand-brand yang aku sebutin di atas hanyalah beberapa dari Brand keluaran Amore Pacific Corporation yang sering kita dengar, tapi sebenarnya masih ada banyak lagi Brand keluaran Amore Pacific. untuk lebih lengkapnya kalian bisa cek sendiri di websitenya.

Di Amore Pacific, brand paling terkenal untuk skincare high end (kelas atas) adalah Brand Sulwhasoo. Sulwhasoo nggak hanya terkenal di Korea tapi juga sudah sampai ke dunia international.

Setelah mengetahui tentang Amore Pacific, gak lengkap kalo kita gak bahas soal saingan bisnisnya yaitu LG Household and Health Care, yup LG yang dimaksud di sini adalah perusahaan LG yang jualan peralatan rumah tangga seperti TV, mesin cuci, dan kulkas itu. LG merupakan salah satu perusahaan raksasa di korea dan karena mereka sangat besar maka mereka juga merambah ke bagian kosmetik untuk memperbesar pasarnya di dunia.

Nah ini adalah beberapa klasifikasi brand dari anak perusahaan LG berdasarkan harga dan kualitasnya :

# Kelas paling atas: The History Of Whoo, Su:m37, OHUI

# Kelas menengah:  Isa Knox, Belif, MULE 

# Kelas bawah: The Face Shop, VOV 

Seperti yang udah aku sebutin di atas, brand yg terkenal di korea belum tentu jadi brand paling laris di Indonesia. Produk yang paling 'laris' dari Amore Pacific adalah Brand Sulwhasoo. LG pun nggak mau kalah saing dan mengeluarkan The History of Whoo untuk menandingi brand Sulwhasoo. Dua-duanya sama-sama punya kualitas high end yang bagus dan menggunakan bahan herbal dari ramuan obat-obatan tradisional korea serta diolah dengan teknologi nano. ^^

Perbedaannya hanya Sulwhasoo mengadobsi konsep keseimbangan yin & yang dengan ramuan-ramuan herbal untuk menciptakan kesehatan dan keindahan alami kulit. Sedangkan The History of Whoo mengadopsi rahasia kecantikan para ratu & keluarga kerajaan dari dinasti kerajaan masa lampau. Menggunakan resep-resep kecantikan masa lampau yang merupakan warisan tradisi yang dipercaya membuat cantik dan awet muda.

Untuk menyaingi Sulwhasoo yang sudah terlebih dahulu populer sejak tahun 1997, maka The History of Whoo yang pertama kali rilis tahun 2003 sangat gencar mempromosikan produk-produknya dan menggunakan ikon model Lee Young-Ae sebagai brand ambassadornya. Packagingnya juga sangat elegant dan mewah membuat pamor dari brand ini bener-benar seperti pusaka warisan kerajaan.

Dalam mempromosikan produknya, kedua perusahaan tersebut juga mengeluarkan katalog. Hyang Jang merupakan katalog produk keluaran Amore Pacific, dan L Story adalah katalog keluaran LG. Di dalam kedua majalan katalog tersebut bermacam-macam produk dari brand kecantikan korea ditampilkan.

Pengetahuan soal corporatenya ak rasa cukup ya, sekarang kita bahas soal kualitas produknya.

Untuk menjawab pertanyaan seputar kualitas, apa bener hasilnya akan berbeda antara produk mahal dan murah. Berdasarkan pengalamanku sendiri juga beberapa temen dalam memakai Brand korea berikut kesimpulannya ;

# Brand Kelas bawah / harga murah : rata-rata hasilnya Kenyal + Lembab hanya di permukaan kulit

# Brand Kelas menengah : rata-rata hasilnya Kenyal + Lembab sampai ke dalam kulit + Lembut + Melembutkan komedo keras + Bercahaya + Mengurangi kekusaman

# Brand Kelas atas / harga mahal : Kenyal + Lembab sampai ke dalam lapisan kulit + Lembut + Melembutkan komedo keras + komedo tidak bau + Bercahaya + Halusnya membuat kulit jadi licin + Merubah tekstur kulit yang kasar dan kusam

 

Aku masih inget waktu pertama kali cobain sabun mukanya Etude (produksi Amore Pacific) hasilnya memang lebih bagus dari pada brand kosmetik yang dijual di supemarket.

Menurutku waktu itu beli produk Etude rasany udah mahal banget padahal kalo liet klasifikasinya brand Etude termasuk dalam kelas produk murah di Amore Pacific. Yap! untuk skincare waktu ak cobain History of Whoo ternyata hasilnya jauh lebih baik, kulit jadi lembab dan lembut sampai ke dalam, namun demikian sekali lagi aku tekankan barang mahal belum tentu cocok di kulit semua orang, tergantung jenis kulitnya masing-masing si pemakai dan cara pemakaian termasuk gaya hidup si pemakainya. Misalnya kalo kamu perokok, suka begadang atau hidup di area berpolusi tinggi dan air yang kamu pakai sehari-hari kotor dibandingkan dengan kamu yang hidup di area pegunungan tanpa polusi kemudian menggunakan air gunung yang bersih pasti kesehatan kulit kamu akan berbeda juga. ^o^

 

Tags :ohui, skincare korea, ohui, skincare korea, history of whoo, happy bath, history of whoo, happy bath, etude house, etude house, brand skincare, brand skincare, sulwhasoo, sulwhasoo
Ditulis Oleh :CreatedBeauty
Share artikel ini Suka?

Notice: Undefined index: likedinfo in /home/u5681609/public_html/informations.php on line 165
: rafhael.reine@gmail.comKirimkan email mu kesini
: 0812 8746 2686 (WhatsApp)WhatsApp only
: fb.com/createdbeautyshopFollow kami di Facebook